BYOD: Tips Penggunaan Flashdisk

By Admin in Peringatan Keamanan

Peringatan Keamanan
Flashdisk/drive adalah sebuah perangkat untuk penyimpanan data yang memiliki bentuk yang simpel dan kecil, sehingga mudah untuk dibawa dan digunakan dimana saja untuk menyimpan data ataupun transfer data.
  1. Flashdisk/drive yang digunakan adalah flashdisk/drive milik pribadi dari pegawai bukan hasil meminjam atau mengambil dari orang lain.
  2. Pada saat membeli flashdisk/drive, pegawai harus berhati – hati dengan keaslian flashdisk/drive tersebut dengan memperhatikan merk, nomor seri, harga, dan faktor lainnya yang mengindikasikan flashdisk tersebut asli.
  3. Ketika flashdisk/drive ingin dilepaskan di perangkat komputer atau laptop, lakukan metode eject di perangkat tersebut untuk menghindari kerusakan flashdisk.
  4. Flashdisk/drive harus di scan di antivirus setelah digunakan dari perangkat lain atau setiap digunakan.
  5. Flashdisk/drive yang digunakan harus terenkripsi dengan baik untuk mencegah terjadinya kebocoran data. Enkripsi flashdisk/drive bisa memanfaatkan fitur BitLocker pada Microsoft Windows. Pada fitur tersebut, flashdisk akan memiliki password dan enkripsi recovery yang bisa disimpan di laptop ataupun bisa mengenkripsi file secara individual.
Back to Posts