Teror Baru Worm AI, Zero-Click Malware yang Mulai Mengancam

By Admin in Berita Keamanan Siber

Berita Keamanan Siber
Teror Baru dari virus Worm AI, Malware Zero-Click yang mulai mengancam  Dunia siber kembali digegerkan dengan munculnya sebuah ancaman baru yaitu worm AI. Ancaman ini berbeda dengan malware tradisional yang mengharuskan korban melakukan klik atau unduhan secara ceroboh, worm AI dapat menginfeksi secara diam-diam melalui sistem AI yang telah terintergrasi kedalam kehidupan sehari-hari seperti pada asisten perangkat pintar pada smartphone maupun pc dan laptop.  

Kemampuan worm AI dalam memanfaatkan celah keamanan pada sistem AI membuatnya menjadi ancaman yang cukup berbahaya. Misalkan pada asisten email pintar yang tiba-tiba membanjiri kontak dengan spam atau membocorkan informasi rahasia pengguna kepada pihak yang tidak bertanggungjawab dan menyebarluaskan ke sistem AI lainnya pada perangkat.  

Munculnya worm AI menjadi alarm bagi dunia keamanan siber. Pendekatan tradisional dalam menangkal malware tidak lagi cukup. Diperlukan lapis keamanan baru yang melibatkan pengawasan manusia terhadap AI. Pengguna juga harus waspada dan hanya mengunduh aplikasi AI dari sumber terpercaya. Selain utu kerjasama antara developer AI, pakar keamanan siber, dan pengguna diperlukan untuk dapat memerangi ancaman worm AI ini.

Sumber : cybernews.com
Back to Posts